Ada beberapa persyaratan  yang harus dipenuhi oleh calon peserta Untuk  dapat mengikuti program KKN-PPM.  Persyaratan tersebut adalah seperti berikut:

  1. Mahasiswa terdaftar pada jenjang pendidikan S-1 dari semua fakultas di lingkungan Universitas Malikussaleh;.
  2. Mahasiswa mendaftarkan mata kuliah KKN PPM pada KRS Semester Berjalan;
  3. Mahasiswa telah menempuh minimal 110 Satuan Kredit Semester (SKS);
  4. Mahasiswa aktif yang masih memiliki beban matakuliah dan atau matakuliah praktikum dimungkinkan mendaftar pada pelaksanaan KKN PPM semester berjalan dengan konsekuensi pemenuhan jumlah pertemuan pada matakuliah terdaftar maupun pada pelaksanaan program KKN PPM pada masing-masing peserta/mahasiswa;
  5. Diijinkan dan dikirim oleh fakultas masing-masing;
  6. Membayar biaya pelaksanaan kegiatan KKN PPM;
  7. Mahasiswa  dalam keadaan sakit/  hamil  diperkenankan mengikuti program ini apabila memperoleh izin dari wali/suami;
  8. Mematuhi peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Panitia Pelaksana KKN PPM.

Pendaftaran KKN PPM dibuka setelah usulan kegiatan KKN PPM disetujui oleh pihak Rektorat dan atau dengan adanya penandatanganan MoU antara LPPM dengan institusi atau pihak pengusul dalam hal diselenggarakannya program KKN PPM kerjasama. Mahasiswa calon peserta KKN PPM yang telah memenuhi persyaratan beban SKS mendaftarkan diri di LPPM, kemudian membayar biaya kegiatan KKN PPM di Bank. Mahasiswa yang memenuhi semua persyaratan berhak mengikuti kegiatan KKN PPM dan diumumkan di Universitas/LPPM dan fakultas masing-masing. Mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan tidak berhak mengikuti kegiatan KKN PPM  dan persyaratan dikembalikan ke fakultas masing-masing, serta dapat mengikuti kegiatan KKN PPM pada periode berikutnya.